Mengelola Server Virtualisasi Proxmox

( 2017 - 2019 as Root Superuser, 2020 - Now as PVE User )

  • Proxmox Pertama Kali Di Perkenalkan

    Tahun 2016 Bidang TKPBE c.q. Seksi MSI mempunyai sebuah kegiatan, dimana pada kegiatan itu ada slot pembelian server, dan server tersebut oleh konsultan (BPPT Jakarta) di-instal dengan SO Virtualisasi Proxmox.

  • Saya di serahi tugas mengelola server proxmox oleh Bu Roro

    Setelah proses instalasi oleh tim BPPT Jakarta selesai, proxmox tersebut tidak langsung di operasionalkan, nah baru beberapa bulan kemudian server tersebut baru diperasionalkan. Nah ketika saat akan di hidupkan/dioperasionalkan timbul perbedaan persepsi siapa yang akan menjadi petugas pengeopersionalnya.

  • Server Proxmox Di Operasionalkan

    Ketika mulai operasional server proxmox tersebut, saya menggunakan nama subdomain cloud.kuningankab.go.id, dan  sepanjang peng-operasionalan server proxmox versi 4 tersebut, paling tidak ada 3-4 buah VPS yang berjalan dan aktif di yaitu :

  • Server Proxmox ( cloud.kuningankab.go.id ) Dimatikan dan diserahkan ke Bidang ITIK

    Setelah beroperasi sekitar 2-3 tahun, dan semua VPS di dalamnya tidak di-operasionalkan, yaitu :

  • Saya dikasih akun user admin VPE di Server Proxmox versi 5

    Setelah beberpa bulan dimatikan dan diserahkan ke bidang ITIK, pa heri juheri setelah sebelumnya mengkonfirmasi berkali kali ke saya terkait tidak dipakainya kembali, melakukan instalasi ulang server tersebut dengan SO Proxmox versi 5 (sampai saat ini server proxmox tersebut tidak menggunakan hostname)