Pencarian dan Penemuan Akun Control Domain Kuningankab.Go.ID

Category

Mengelola Domain kuningankab.go.id (2008 - sekarang)

Tahun

Website www.kuningankab.go.id dibuat pada tahun 2007, yang merupakan perubahan dari domain sebelumnya yaitu www.kuningan.go.id. Berbeda dengan website yang ketika pertama kali dibuat, ketika itu pula diserahkan pengoperasiannya kepada diskominfo, maka untuk domain tidak begitu, pada tahun 2007 saya hanya terima pengoperasian website tanpa pemberian akun control domainnya, dan memang pada saat itu saya secara pribadi tidak mengetahui tentang seluk beluk pendaftaran domain.

Baru setelah mengalami berbagai macam kendala akses website kuningankab.go.id, dikarenakan hosting di luar negeri, maka saya mempelajari/meneusuri lewat internet tentang akun control domain ini karena untuk memindahkan hosting harus melalui control domainnya.

Maka pada tahun pertengahan/akhir 2008, control  domain berhasil saya ambil dan amankan (diganti password, dirubah nama pengguna, nama billing, nama kontak teknis, dll).

Ada cerita menarik sekaligus aneh tentang penemuan control domain ini, dimana menarik dan anehnya, silahkan ada simpulkan sendiri (cerita bisa langsung tanya ke saya), tapi bagi saya tidak mempermasalahkan siapa sesungguhnya registrant kuningankab.go.id karena memang saya bukan registrant-nya, tetapi berdasararkan logika dan keilmuan (jeh 'keilmua''... bak profesor aja) saya dari proses penemuan akun password control domain dan berdasarkan pertanyaan di beberapa kesempatan berikutnya, saya meyakini registrant kuningankab.go.id bukan orang yang tercantum di control domain itu.

Mungkin anda bertanya, logika seperti apa?, keilmuan seperti apa?, 
Logika sederhananya begini, mana mungkin seseorang pernah masuk ke suatu rumah, tetapi dia tidak mengetahui alamat rumah, tampilan rumah, bahkan kunci masuk ke dalam rumah nya pun ia lupa. Karena ketika saya tunjukan siapa yang pegang akun ini sambil menunjukan portal domain, dia ga tahu, dia ga pernah tahu, bahkan dia lupa akun passwordnya.

Yang Kedua, apa makna dari keilmuan itu, bahwa setelah masuk ke rumah tersebut, seseroang harus mengoperasikan hal-hal teknis tertentu agar tujuannya berhasil, nah ketika saya bertanya di hari-hari berikutnya dia menjawab tidak tahu caranya.

Nah saudara-saudara yang saya muliakan, yang jadi yang pertanyaan kita, kenapa seseorang bisa tercantum di dalam rumah tersebut sebagai personal yang mengoperasikan, padahal dengan jelas dia ga tahu rumahnya, ga tahu alamatnya, lupa akun passwordnya dan ga tahu cara mengoprasikan hal-hal teknis di dalamnya. Menurut saya bisa aja, dalam kasus pendaftaran domain bisa saja seseorang tercantum sebagai pendaftar dst, tetapi dia ga pernah melakukan pendaftaran dst, dan ini pernah saya alami ketika membantu mendaftarkan suatu domain organisasi, dimana yang datang ke saya adalah pejabat sub koordinator organisasi, tetapi surat-surat dan identitas pendaftar adalah sang ketua organisasi, sehingga bagi pihak luar bisa berasumsi bahwa sang registar adalah ketua oragnisasi tersebut.

Nah bagi someone outhere yang tercantum di control domain adalah segala-galanya, ya registrant, ya website, ya server, ya semuanya. Nah ini yang saya protes keras, bahwa registrant domain memang awal tapi bukan berarti turunan dan pararelnya adalah registrant, terlebih lagi kalo diliat dari proses penumannya jelas logika bukan dia, dan di control domain pun setalah saya amankan, yang tercantum tidak hanya registrant, tetapu adan kontak teknik, kontak billing, kontak administartif, dan itu sudah saya sesuaikan sejak diamankan.