PERPANJANGAN SSL SINGLE DOMAIN

Durasi

00:27:16

Tanggal Premiere

Deskripsi

PERPANJANGAN SSL SINGLE DOMAIN
==============================

A.LATAR BELAKANG :
1.Ada bisikan di meja kerja saya bahwa saya berbohong dengan kalimat "JANGAN BOHONG" setelah saya lapor ke bu anggi bahwa saya selesai memperpanjang SSL dengan menunjukan keterangan SSL valid sampai September 19, 2024.
2.Ada bisikan di meja bundar kantin diskominfo ketika saya ngopi jam 11.30an bahwa yang mem-paste-kannya bukan saya dengan ucapan "Nu Screenshot Lain Sia".
3.Membuktikan janji di blog saya senin siang, bahwa saya akan mem-vlog-an aktifitas perpanjang SSL dalam waktu dekat, dan juga melengkapi blog saya setahun yang lalu.

B.PENGANTAR :
1.Saya mengenal dan memahami SSL sejak tahun 2008 diamana saya pernah mengikuti training topologi kemanan SI di Kemenkominfo Jakarta setup SSL.
2.Kenapa sejak 1 tahun ini harus beli SSL ( single dan Wildcard ), karena ketika masih di dedicated Server1.kuningankab.go.id kita tak pernah memikirkan SSL, karena semua proses SSL yang meliputi install SSL, perpanjang semua dilakuan otomatis cPanel, nama fiturnya AutoSLL)
3.SSL untuk kuningankab.go.id terbagi 2, yaitu single domain yang berakhir September 2023, dan wildcard domain untuk SSL subdomainnya yang akan berakhir Desember 2023
4.Untuk SPJ pembelian SSL ini menyatu dengan biaya-biaya lainnya dengan menggunakan pihak ketiga, jadi kalau "some one out there" mendengar dan melihat berdasar kwitansi/SPJ bahwa yang mengerjakan SSL ini adalah pihak ketiga, saya sampaikan bahwa semua itu (--tidak hanya SSL saja) hanyalah SPJ Administratif.

C.PROSES PERPANJANGAN SSL :
1.Pembayaran tagihan perpanjangan memalui rumahweb.com
2.Validasi via eMail admin@kuningankab.go.id
3.Aktifasi dan Re-konfigurasi SSL lewat akun cPanel

==============================
Demikian, terima kasih.
Video ini akan ditayangkan di channel youtube saya pada 13 September 2023 Pukul 23.55 WIB.

Kuningan, 13 September 2023

Luki Sugianto, A.Md.
--Seksi PPI Bid Aptika Diskominfo