Mencari Server Panel Yang Support NAT

Durasi

01:20:25

Tanggal Premiere

Deskripsi

Mangga disimak kelanjutan video saya sebelumnya, terkait instalasi CloudPanel di VPS PDN yang berujung kegagalan karena tidak suppot NAT, dan seperti yang saya sampaikan di akhir video sebelumnya bahwa akan di-re-install dengan CWP yang secara tertulis mensupport NAT, tetapi setelah saya install ternyata tidak support NAT juga, begitupula dengan CyberPanel juga berujung tidak support.

Karena penasaran saya coba memulai simulasi lagi dengan me-reinstal kembali VPS dengan server tanpa panel, Seperti diketahui bahwa titik masalah dari tidak bisa diaksesnya vhost dari luar itu bisa dikarenakan 3 aspek yaitu vHost itu sendiri, LoadBalancing IGCP dan NAT-Panel.

Oleh karena itu saya memulainya dengan mengginstall VPS tanpa panel, hanya linux server biasa tetapi saya setup script dari https://github.com/teddysun/lamp. Kemudian saya setup beberapa virtual host, sebagian virtual host tersebut saya registrasikan secara global, dan sebagiannya saya registrasikan secara lokal. Selanjutnya untuk vhost global saya setup LoadBalancernya.

Hasilnya semua vhost dapat diakses, baik yang lokal maupun yang global. dari simulasi ini dapat disimpulkan bahwa kegagalan di CloudPanel, CWP dan CyberPanel tersebut memang benar-benar karena Panelnya tidak support NAT. ( -- memang agak logis seandainya Panel2 yang komersil dan free menolak untuk di setup di NAt, karena secara bisnis akan sangat merugikan karena 1 lisensi IP Publik Panel bisa digunakan oleh beberapa VPS).

Setelah diotak-atik kembali di sisi CyberPanel dan LoadBalacing pagi sampai siang ini, ditemukanlah posisi terbaik dengan bisa diaksesnya CyberPanel pada link dibawah ini, tetapi tetap akun-akun hasil besutannya tidak bisa diakses.

https://sharehost-pdn1.kuningankab.go...

Terkahir, pasti ada yang kurang sempurna dalam penjelasan, sehingga dapat menyebabkan kesalah pahaman bapa/ibu/rekan dalam mengambil kesimpulan akan maksud dan tujuan saya membuat vlog ini, oleh karena itu adalah wajib sifatnya agar bapa/ibu untuk melihat video saya seluruhnya dan diharuskan pula untuk membaca seluruh konten website saya.

Demikian Terima Kasih

Luki Sugianto,A.Md.
https://lukisugianto.web.id